Just Share

Tidak terasa ya, yang kemarin sekolah masih menggunakan seragam kini tak perlu pakai seragam, yang kemarin masih diantar-jemput oleh orang tua kini harus pergi sendiri, yang kemarin saat ingin makan sudah disipakan oleh ibu kini harus cari sendiri dan yang kemarin dapat tugas dari guru tidak lebih 4 kali dalam seminggu kini tugas menumpuk bahkan mungkin lebih dari 8 kali dalam seminggu. Ya, itulah kehidupan baru menjadi seorang mahasiswa. Perlu pengenalan dan penyesuaian. Karena itu, disetiap perguruan tinggi mengadakan semacam kegiatan pengenalan kampus yang biasa disebut ospek.

Nah, disini saya ingin sedikit berbagi pengalaman tentang orientasi pengenalan kampus kemarin dan beberapa kegiatan lain yang insyaAllah bermanfaat untuk saya sendiri dan yang membaca tulisan saya ini.^^

 

Berawal dari TM#1, Ospek hari pertama dan kedua kemarin,

Sedikit lupa-lupa ingat^^9

TM#1 kemarin saya-mahasiswa baru- diberi penugasan berupa dresscode, autobiografi, menghafal lagu-hymne UNY, mars UNY, buruh tani, darah juang,dll- dan membawa makanan dan minuman. Tidak tahu akan untuk apa namun karena itu adalah penugasan pertama, saya mengerjakannya dengan penuh semangat dan penuh antusias. Tiba di hari TM#1, sudah ada banyak sekali mahasiswa baru yang berkerumun di depan gerbang FMIPA waktu itu. Dengan wajah penuh antusias mereka saling berkenalan, menanyakan dari mana asalnya, prodi apa, nge-kost dimana, yah sama halnya dengan saya. Hingga, sesi perkenalan itu di buyarkan dengan suara mempesona para MC-saat itu MC nya adalah mas Fery dan mas Fajar-. Mereka memberitahukan bahwa acara akan segera dimulai dan gerbang akan segera dibuka maka waktu itu kami-mahasiswa baru- diminta untuk mengantri berdasarkan jurusan masing-masing untuk registrasi. Saat itu saya sudah registrasi dan dikelompokan berdasarkan jurusan. Kemudian setelah semua selesai registrasi, MC menyuruh kami-mahasiswa baru- untuk duduk dan memakan makanan-penugasan- yang sudah kami bawa dari rumah. Dan kebetulan, saya bertemu dengan Galuh-teman saat pengisisan KRS dan juga teman kelas Mat E saat ini- karena waktu dia disamping saya saat baris. Setelah selesai makan, panitia mulai membacakan penugasan untuk TM#2, diantaranya penugasan dresscode, membuat cocard, kreasi foto putih abu-abu, foto bersama keluarga, foto kelompok, yel-yel kelompok dan membuat video kelompok. Disinilah mulai peningkatan penugasan.

Setelah dibacakan penugasan, kami dikelompokkan lagi oleh panitia. Saya masuk dikelompok Neuron dengan pemandunya adalah mbak Hermadeta. Dikelompok itu ada 16 orang-termasuk saya- dengan jurusan dan dari asal yang berbeda. Ada yang dari Kebumen, Bantul, Sleman dan Bekasi. Saya sendiri berasal dari Klaten^^v. Dengan kelompok inilah yang akan terus bersama saya hingga masa ospek berakhir^^.

Kemudian setelah perkenalan dengan kelompok, MC menyuruh kami untuk baris berbanjar sesuai kelompok. Kemudian saat itu, keluarlah empat panitia koorlap untuk menunjukan yel-yel dan gerakannya yang akan digunakan saat ospek di GOR nanti. Saat ini lah, pandangan para mahasiswa baru khusus nya para maba putri mulai terfokus pada koorlap yang menurut mereka menarik. Sedikit tidak berbeda dengan saya^^.

Setelah TM#1 berakhir inilah mahasiswa baru mulai sibuk dengan penugasan. Namun dengan kesibukan ini membuat saya mengerti bahwa saat kuliah nanti juga akan banyak tugas-tugas dari dosen yang akan membuat mahasiswa belajar lebih ekstra dibanding saat di SMA dulu. Selain itu, adanya kesibukan penugasaan ini membuat saya akrab dengan teman-teman kelompok dan pemandu. Disini juga saya banyak belajar tentang berbagi, rela berkorban, saling membantu, saling mengerti, saling menghargai, dan banyak lagi.

TM#2 tidak jauh berbeda dengan TM#1, yang berbeda di TM#2 kali ini adalah ada pertunjukan seni kecil dari panitia dan juga penjelasan tentang ospek. Untuk ospek hari pertama dan kedua itu bertempat di GOR sedangkan untuk hari ke tiga, empat dan lima di fakultas masing-masing. Di TM#2 ini panitia juga membacakan penugasan untuk ospek diantaranya yang masih saya ingat adalah membuat artikel, membuat denah mipa, membuat surat untuk pemandu dan membuat bagan birokrasi fmipa.

 

 

 

 

 

 

Saat-saat yang ditunggu..

OSPEK hari pertama dan kedua ^^9

Kemeja putih, jilbab putih, rok hitam, sepatu hitam seperti itulah penampilan saya sewaktu ospek hari pertama kemarin. Seperti biasa, mahasiswa baru diharuskan untuk registrasi dahulu dan berbaris untuk menunggu giliran berangkat ke GOR. Sambil menunggu, MC menyuruh kami untuk makan pagi-yang termasuk dalam penugasan- dan membuat cerita-cerita lucu. Setelah sekian lama, giliran fmipa untuk berangkat. Sesampai di GOR, auranya mulai berubah, semangat mulai naik dan rasa antusias mulai muncul. Namun yang disayangkan untuk hari pertama ini adalah FMIPA duduk di bagian bawah tribun. Sehingga saat penampilan yel-yel untuk setiap fakultas, FMIPA terlihat kurang bersemangat.

Di hari pertama ini ada kejadian yang tidak diharapkan terjadi, salah satu fakultas melakukan aksi protes disebabkan organisasi fakultasnya tidak diperkenankan masuk. Hal ini membuat seisi GOR riuh beberapa saat. Koorlap kami mulai mengangkat tangan dan menyilangkannya. Yah, inilah ciri khas FMIPA, koorlap yang sangat suka menyilangkan tangan mereka^^v. Ada beberapa mahasiswa baru yang tak suka dengan aksi silang tangan ini namun untuk saya sendiri aksi silang tangan ini adalah demi kebaikan maba mipa agar tidak terprofokrasi dan agar mudah diatur.

Hari berikutnya, hari yang ditunggu-tunggu maba mipa untuk ajang balas dendam atas semangat hari pertama yang belum dikeluarkan maksimal^^9. Ospek hari kedua, Pengenalan UKM #Jreengjreng(ada backsound)^^v. Kali ini dresscode yang dipakai adalah kaos biru langit FMIPA dengan dalaman kaos putih lengan panjang, jilbab putih dan rok hitam. Oke langsung saja, di GOR, FMIPA duduk di tribun atas bersampingan dengan FIP(jika tidak salah) dan Pasca Sarjana. Di hari itu, semua maba termasuk saya sangat antusias dan sangat bersemangat^^9. Semua yel-yel yang belum ditampilkan saat Ospek hari pertama, kami tampilkan pada hari kedua, puncak nya Ospek universitas. Setiap UKM selesai tampil, yel-yel Jempol MIPA selalu keluar. Saat MC menyuruh setiap fakultas untuk menampilkan yel-yel mereka, So Let’s Get the Beat tak pernah lupa. Untuk menarik perhatian fakultas lain, Pelopor Perubahan selalu berhasil. Yah, salah satu kenangan yang susah untuk dilupakan saat menjadi mahasiswa baru itu ya saat seperti ini, saat semua mahasiswa baru semangat dan antusias mengikuti ospek^^9.

 

 

 

 

 

Setelah selesainya Ospek univ dan fakultas, kini para mahasiswa baru mulai disibukkan dengan tugas-tugas kuliah, SLM, SDP, UKMF dan kegiatan yang lain. Tentunya semua kesibukkan tersebut adalah demi menunjang mahasiswanya sendiri entah untuk meningkatkan kemampuan non-akademiknya, belajar untuk berorganisasi atau apapun yang tentunya bermanfaat untuk mahasiswa. Contoh saja, kegiatan mahasiswa baru akhir-akhir ini setelah lima hari Ospek kemarin adalah Tutorial PAI, ESQ, SATELIT, ICT dan yang akan datang adalah Makrab, SDP(Sparta) dan lain-lain.

 

Nah, salah satu kegiatan yang saya ikuti itu adalah Pelatihan ICT. Maka dari itu setelah berbagi pengalaman tentang ospek, sekarang saya ingin berbagi pengalaman dalam Pelatihan ICT yang diadakan Sabtu, 19 September 2015.

 

Pelatihan ICT dimulai pada pukul 10.00 WIB di ruang seminar FMIPA di D02 lantai 2 yang di ikuti oleh mahasiswa 2015 prodi matematika, biologi dan pendidikan biologi. Pelatihan ICT dimulai dengan materi wawasan SIAKAD. Disini dijelakan tentang kegunaan dan fungsi SIAKAD yang berhubungan dengan perkuliahan. Kemudian materi selanjutnnya tentang wawasan TIK. Disini dijelakann tentang bagaimana beretika saat mengirim pesan kepada dosen, tentang ciri dan hukuman plagiatisme dan beretika dalam media sosial yang baik. Setelah itu materi kembali dilanjutkan tentang Pengenalan Perpustakaan. Disini kita diberitahu bagaimana cara menjadi anggota perpustakaan universitas, bagaimana cara meminjam buku, bagaimana cara mencari atau ingin memperpanjang peminjaman buku. Dari materi ini saya jadi mengerti beberapa hal tentang bagimana meminjam buku diperpustakaan, bagaimana contoh beretika yang baik kepadan dosen dan banyak lagi.

Kemudian pukul 13.00 WIB, bertempat di laboratorium fisika, mahasiswa matematika melakukan praktek untuk membuat blog dan mengerjakan beberapa soal. Sebelum itu, mahasiswa diberi pembekalan berupa materi tentang KRS, KHS, Yudisium, BeSmartv2, dan penjelasan bagaimana cara membuat blog UNY. Karena salah satu tugas dari Pelatihan ini adalah mahasiswa diharuskan membuat blog. Setelah itu, mahasiswa di arahkan untuk bagaimana cara membuat blog.

Dalam pelatihan ICT ini memang sangat bermanfaat untuk kedepannya terutama untuk mahasiswa baru karena dalam pelatihan ini diajarkan-salah satunya- bagimana cara melihat hasil studi perkuliahan, yang belum diajarkan sebelumnya dan lain lain.

 

 

 

 

 

Sepertinya saya sudah terlalu banyak mengetik dan tangan saya mulai meronta saat dihadapkan dengan keyboard ini^^v. Karena memang ini adalah tulisan pertama saya yang saya post di blog. Oleh karena itu apabila ada tulisan yang kurang berkenan dihati pembaca mohon maaf dan apabila ada tulisan yang tidak sesuai EYD ataupun tidak sesuai aturan menulis yang baik semua ini karena saya masih pemula dan masih butuh untuk belajar. Semoga dengan adanya tulisan ini membuat saya ingin untuk menulis lagi. Semoga bermanfaat^^.

0 thoughts on “Just Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

72 + = 75